Workshop PWI Labuhanbatu 'Membangun Jurnalisme Berkualitas Antara Fakta, Opini dan Tanggungjawab Sosial'


Rantauprapat-Intainew.com
| Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Labuhanbatu menggelar workshop untuk peningkatan profesi kewartawanan, yang dilangsungkan di Istana Kafe CAD Rantauprapat, Kamis (3/10/2024).

Workshop dibuka langsung oleh Penjabat sementara (Pjs) Bupati Labuhanbatu diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informaika (Kadis Kominfo) Ahmad Fadly Rangkuti.

Workshop yang bertema 'Membangun Jurnalisme Berkualitas antara Fakta, Opini dan Tanggungjawab Sosial' ini dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Ketua PWI Labuhanbatu, Rony Afrizal mengatakan, workshop ini sangat penting untuk menambah pengetahuan, pemahaman dan keprofesionalan wartawan, khususnya yang tergabung di PWI, dalam mencari fakta, mengumpulkan data, dan melaporkan peristiwa kepada publik.

"Kami tidak bisa menjamin wartawan yang ada di PWI sudah profesional, sudah beretika, dan sudah beradap atau tidak di lapangan, sehingga penguatan-penguatan dan peningkatan pemahaman tentang tugas dan tanggungjawab jurnalis terus kami lakukan," sebut Rony.

Pjs Bupati mengatakan, PWI Labuhanbatu merupakan mitra pemerintah atau mitra Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Membangun jurnalisme yang berkualitas antara fakta, opini dan tanggungjawab sosial, memang sangat penting. Tujuannya agar informasi yang disampaikan ke publik tidak menjadi bias.

Terutama yang namanya opini. Kalau kita melihat dari satu objek dengan opini bisa berbeda, di situlah membuat bias satu pemberitaan,” ujarnya.

Menutup sambutannya, Fadly berharap workshop ini bermanfaat bagi semua, terkhusus untuk para anggota PWI Labuhanbatu dalam menjalankan tugas dan profesinya sebagai jurnalis.

Pada kesempatan itu, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Labuhanbatu AKBP Bernhard Malau menyatakan, sangat mendukung kegiatan ini untuk menambah pemahaman wartawan melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.


"Pemberitaan seharusnya sesuai dengan fakta. Bagi saya pribadi, wartawan harus turun ke lapangan mencari fakta," sebutnya.

Kapolres juga mengajak PWI untuk berkolaborasi, bahkan berdiskusi tentang hal-hal yang menjadi perhatian publik.

Hal senada juga disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0209/LB diwakili Kasdim Mayor Inf Sondang Hamonangan Tanjung, Kalapas Rantauprapat Batara Hutasoit, Kajari diwakili Kasi Intel Memed Rahmad Siregar, serta Komisioner KPU Labuhanbatu Syahrijal Ritonga.

Panitia workshop menghadirkan narasumber dari Kota Medan, yaitu praktisi pers Drs M Syahrir MIKom, Wapemred Harian Analisa SR Hamonangan Panggabean, dan Wapemred Waspada Online Austin Tumengkol.

Workshop diisi diskusi antara peserta dengan unsur Forkopimda, dan narasumber yang dipandu SR Hamonangan Panggabean. 

Acara diakhiri pemberian piagam penghargaan yang diserahkan Rony Afrizal kepada Forkopimda, atas dukungannya terhadap kegiatan-kegiatan PWI Kabupaten Labuhanbatu. * Int-MY/R

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama